Home » » Pak Made Tegeh: Mengajar adalah Panggilan Jiwa

Pak Made Tegeh: Mengajar adalah Panggilan Jiwa








Sosok: Dr. I Made Tegeh, S.Pd ,M.Pd, ekspresi setelah wawancara di ruang jurusan Teknologi Pendidikan. (Selasa, 21/4/15).



I Made Tegeh lahir di Buleleng, 15 Agustus 1971, tepatnya di Dusun Kelod Kauh Desa Panji kecamatan Sukasada. Ia adalah seorang dosen dan Teknolog Pembelajaran di jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali. Sekarang Ia sudah mempunyai keluarga dengan satu istri dan tiga anak. Berlatar belakang dari keluarga petani tidak menyurutkan niatnya untuk mewujudkan cita-citanya yaitu sebagai guru dan tenaga kesehatan. Ia menempuh pendidikan di SDN 1 Panji, kemudian melanjutkan ke SMPN 2 Singaraja dan SMAN 1 Singaraja. Kemudian setelah lulus dari SMA ia melanjutkan studi lagi di FKIP Unud D2 PGSD tamat tahun 1993, S1 Teknologi Pendidikan tamat tahun 2001. Ia melanjutkan studinya S2 Teknologi Pembelajaran dan S3 Teknologi Pembelajaran di Universitas Negeri Malang dan meraih gelar doktor pada tahun 2009.

Pak Tegeh panggilan akrabnya merupakan sosok yang mempunyai hobi bermain layang-layang dan sepakbola semasa kecil. Bermain tenis lapangan merupakan hobi saat ini. Sejak menjadi mahasiswa Ia aktif di berbagai organisasai mahasiswa diantaranya, HMJ, SENAT dan UKM Pramuka. Berbagai prestasi pernah diraihnya mulai dari mahasiswa dengan IPK terbaik. Setelah lulus S1, Ia mulai mengajar di jurusan Teknologi Pendidikan tepatnya pada tahun 2001. Dalam jurusan Teknologi Pendidikan sekarang, Ia mengampu mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan, Video Pembelajaran dan Sinematografi Pendidikan. Ia merupakan dosen yang sangat disenangi mahasiswanya, karena sikap dan cara mengajarnya yang menggunakan ilmu seni Teknologi Pendidikan. Maklum saja bapak tiga anak ini adalah produk asli Teknologi Pendidikan murni. 

Sebagai seorang dosen dan Teknolog Pembelajaran tentunnya mempunyai tugas yang berat yaitu memanusiakan manusia dan memecahkan masalah-masalah pendidikan. Hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi bapak tiga anak ini. Ketika ditanya mengenai suka-dukanya menjadi dosen, ia menjawab “ Sukanya ya menghadapi anak-anak yang rajin, disiplin, cerdas mau berusaha keras, dukanya itu kadang-kadang menghadapi anak-anak yang tidak disiplin” . Tapi menurutnya menjadikan tantangan tersendiri ketika menghadapi anak-anak yang kurang disiplin itu. Ia selalu berusaha meluruskan mereka supaya sikap, perilaku, perkataannya  menjadi lebih baik.

“Mengajar adalah panggilan jiwa” ujarnya. Sejak kecil menjadi guru merupakan impian yang sangat besar. Dalam wawancara yang penulis laksanakan bersama narasumber ketika ditanya mengenai harapan bagi dunia pendidikan Ia mengungkapkan  ”Semoga dunia Pendidikan kedepanya semakin maju dengan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni sehingga dapat berimbas pada kemajuan dunia pendidikan karena tanpa pendidikan tidak mungkin kita mengadakan perubahan kearah yang lebih bagus” pungkasnya.


(Mahrus)

Thanks for reading Pak Made Tegeh: Mengajar adalah Panggilan Jiwa

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar:

  1. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (WA : 081910053031)

    BalasHapus